Selasa, 13 Juni 2023

Mengenali Dampak Negatif Smartphone


  
Saat ini marak sekali penggunaan Smartphone. Smartphone mempermudah kita, terutama untuk berkomuni kasi jarak jauh. Selain itu, smartphone yang tidak kita gunakan secara bijak dapat menimbulkan beberapa hal negatif, seperti :

1.    1. Gangguan mata

        Tulisan-tulisan kecil yang terpampang di layar hp serta pancaran sinarnya yang terkadang terlalu terang, dalam jangka panjang bisa merusak mata. Sebab, kedua hal tersebut membuat kerja mata kita menjadi lebih berat dari yang seharusnya.Bahkan, saat ini sudah ada nama khusus untuk kondisi mata yang berkaitan dengan penggunaan hp secara keseluruhan, yaitu mata lelah. Gejala dari kondisi tersebut antara lain adalah mata merah, mata kering, dan pandangan terlihat kabur. Untuk menghindarinya, sebaiknya jangan menatap layar hp terlalu lama. Berikan jarak untuk istirahat yang cukup sebelum Anda kembali menggunakannya.

 

2. Memicu resiko kanker otak

  Gelombang radiofrekuensi yang dipancarkan oleh telepon genggam dianggap berpotensi untuk memicu kanker. Pasalnya, gelombang tersebut bisa diserap oleh jaringan di tubuh yang letaknya berdekatan dengan HP saat digunakan.Beberapa tahun lalu, lembaga penelitian kanker internasional telah memasukkan gelombang radiofrekuensi sebagai salah satu hal yang berpotensi karsinogenik. Artinya, gelombang tersebut berpotensi meningkatkan risiko kanker.Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengonfirmasi ini, sebab di beberapa penelitian lain mengatakan bahwa tidak ditemukannya bukti penggunaan ponsel dapat menyebabkan gangguan otak

 

3. Gangguan mental

  Dampak negatif hp yang saat ini paling mungkin dialami adalah terganggunya kesehatan mental. Hubungan penggunaan hp dengan kesehatan mental dipengaruhi besar oleh adanya media sosial. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering melihat unggahan kehidupan orang lain, umumnya merasa lebih tidak bahagia, depresi, dan kesepian dibandingkan teman-temannya.Hal ini berkaitan dengan kebiasaan membandingkan kehidupan diri sendiri dengan orang lain, yang sulit untuk dihindari saat kita membuka media sosial.

 

4. Menyebabkan kecanduan

  Dampak negatif HP yang terakhir adalah bisa menyebabkan kecanduan. Kemajuan teknologi telepon genggam yang terus diperbarui membuat penggunaannya semakin meningkat, bahkan bisa menimbulkan kecanduan atau penggunaan berlebihan. Ini merupakan salah satu tanda penggunaan berlebih atau kecanduan. Meski dampak negatif hp untuk kesehatan memang nyata adanya, bukan berarti Anda harus menghentikan penggunaannya sama sekali


Tidak ada komentar:

Posting Komentar