Selasa, 13 Juni 2023

Handphone bagi Remaja Masa Kini


  
Dewasa membawaa ini sering kali kita melihat anak muda sering benda berbentuk kotak tipis kemanapun mereka pergi. Benda itu mempunyai banyak sekali jenis walau terkadang bentuknya tidak jauh berbeda. Benda itu mampu mendekatkan yang jauh lewat panggilan suara dan dapat menampilkan video secara langsung saat melakukan panggilan. Benda itu mampu mengeluarkan music-musik yang sedang naik daun dan disenangi oleh banyak orang. Benda itu mampu melakukan interaksi hanya dengan menyentuh layarnya saja. Benda itu menjadi teman dikala kesepian. Benda itu adalah telepon genggam atau Handphone yang sering kita panggil dengan HP.

  Kira –kira begitulah presepsi anak muda zaman sekarang mengenai benda bernama Hp tersebut. Namun dibalim iu semua, apabila kita tidak memantau penggunaan Hp para remaja maka akan mengakibatkan kerugian. Selain itu hanphone juga berbahaya bagi kesehatan remaja karena dapat merusak mata seperti mata kering hingga miopia atau rabun jauh, merusak tulang belakang karena kurang gerak dan lebih banyak duduk, mengganggu perkembangan remaja, gangguan pendengaran yang disebakan oleh headseat, gangguan tidur karena begadang

  Menurut penelitian yang dilakukan Usni Dwi Ambarwaty (2018) alumni Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, terdapat tiga faktor yang menjadi penyebab kecanduan smartphone pada remaja, yaitu rendahnya kontrol diri, kesepian, dan sensation seeking behavior. Secara statistik kontribusi ketiga variabel ini terhadap kecanduan smartphone sebesar 23.7%.Penelitian tersebut dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 327 siswa MAN 02 Bekasi, berusia 15-18 tahun, yang diambil dengan teknik non probability sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Smartphone Addiction Scale (SAS), Self Control Scale, UCLA Loneliness Scale, dan Sensation Seeking Scale V. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda.

  Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan siswa MAN 02 Bekasi memiliki kecanduan smartphone yang tinggi dengan persentase sebesar 52.3%. Artinya sebesar 52.3% siswa menggunakan smartphone mereka secara berlebihan sehingga mengganggu kegiatan sehari-harinya.Lebih lanjut, hasil penelitian menunjukkan bahwa kontrol diri yang rendah mengakibatkan seseorang tidak mampu mengendalikan perilakunya ketika memakai smartphone. Semakin rendah kontrol diri seseorang, semakin tinggi tingkat kecanduan smartphone. Oleh karena itu sangat perlu untuk embatasi penggunaan HP setiap harinya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar